Sabtu, 04 April 2015

Penyebab Uban pada Remaja



rambut hitam yang berubah
menjadi putih (uban) adalah proses alamiah dari tubuh kita. Uban secara sendirinya akan tumbuh saat usia manusia sudah menua. Namun ada juga seorang remaja yang duduk di bangku SMP sudah mulai terlihat rambut yang memutih dengan sendirinya.

Tumbuhnya uban di usia remaja seringkali disebabkan karena faktor gaya hidup seperti mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food dan merokok. Sehingga produksi melanin di rambut menjadi berkurang akibat radikal bebas dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat tadi.

Berikut tiga penyebab lainnya kenapa uban bisa tumbuh di usia remaja.

1. Stres

Seorang remaja dalam kesehariannya bisa saja mengalami stres. Dampak buruk stres bukan hanya berpengaruh pada mental, akan tetapi pada daya tahan atau kekuatan akar rambut. Bila remaja stres, rambut akan cepat rontok juga beruban.
Kondisi stres memungkinkan sel penghasil pigmen menjadi tidak seimbang sehingga perubahan warna rambut menjadi lebih cepat.  

2. Vitamin

Kekurangan vitamin B12, C, dan E bisa mengubah warna rambut Anda menjadi abu-abu alias beruban. Vitamin B12 misalnya, berkaitan erat dengan stres yang Anda alami.
Cadangan vitamin yang biasa didapatkan dari hewani itu berkurang. Sementara vitamin C dan E yang mengandung antioksidan dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan.


3. Tiroid

Salah satu penyebabnya karena penyakit tiroid yang mempengaruhi produksi melanin pada rambut. Kelainan kelenjar tiroid yang mengatur sensitivitas tubuh pada hormon lainnya tersebut tidak seimbang. Kondisi itu dinamakan hipotiroid.

Artikel ini masih jauh dari kesempurnaan oleh karena itu saya menerima segala kritik yang membangun. Sekian artikel dari saya semoga dapat menambah ilmu dan bermanfaat.

Penyebab Uban pada Remaja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar