Minggu, 26 April 2015

Kenali Penyakit Usus Buntu

Penyakit usus buntu adalah penyakit  yang terjadi ketika usus buntu mengalami peradangan, serta infeksi. Tersumbatnya usus buntu akan menyebabkan rasa sakit dan harus dirawat di rumah sakit, apabila telah dirawat di rumah sakit berarti harus di operasi.

Penyebab usus buntu

usus buntu disebabkan oleh infeksi bakteri patogen, yang diawali oleh tersumbatnya saluran usus  oleh tinja yang keras yang cepat atau lambat akan menimbulkan peradangan.

tinja yang keras akan terjebak di lubang sehingga rongga menjadi tersumbat. Lalu bakteri yang terperangkap di dalam usus buntu tersebut akan memicu terjadinya infeksi.  Infeksi inilah yang membuat radang usus buntu.

Konsumsi cabai atau jambu beserta bijinya seringkali tidak tercerna dengan baik, sehingga masuk ke dalam saluran usus buntu sebagai benda asing. Untuk mencegah peradangan usus buntu disarankan sering mengonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buah. Hal ini karena serat yang dikonsumsi bisa membantu proses pencernaan dan mencegah tinja terlalu lama berada di dalam usus. 

Gejala Usus Buntu Serta Penanganannya

Berikut beberapa gejala usus buntu yang akan dirasakan penderita usus buntu  :

1.Terasa sakit di bagian pusar. lalu akan merambat ke bagian bawah perut secara perlahan. Ini merupakan salah satu dari gejala di awal penyakit ini menyerang. Orang biasa tidak menyadari rasa sakit ini sebagai gejala awal dan menganggap hanya sakit biasa.

2.Rasa sakit yang luar biasa pada bagian perut. awalnya hanya sakit biasa lalu kemudian semakin parah dan datang secara tiba tiba. Ini termasuk tahap yang cukup berbahaya karena akan benar-benar terasa sakit dan bahkan tidak dapat melakukan aktivitas apapun.

3.Jika  semakin parah maka selanjutnya akan diikuti dengan demam yang tinggi. Karena rasa sakit yang berlebihan. 

4.Muntah-muntah serta mual lebih dari 12 jam. Jika mual dan muntah tak kunjung henti maka segera bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat.

5.Diare yang mengeluarkan cairan berlendir. langkah pasti yang harus dilakukan membawa pasien ke rumah sakit. Karena ini sudah merupakan tahap yang sangat membahayakan,

6.Perut kembung dan keseringan buang angin serta diikuti dengan rasa sakit perut bagian bawah. Pada gejala ini biasanya kebanyakan orang akan menganggap itu hanyalah sekedar masuk angin biasa, padahal ini juga termasuk salah satu gejala penyakit usus buntu.

Segeralah membawa penderita ke dokter untuk penangganan.  karena apabila tidak dilakukan penanganan secara benar akan membahayakan tubuh sang penderita usus buntu. Sekian Artikel tentanng penyakit usus buntu semoga bermanfaat.

Kenali Penyakit Usus Buntu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar