Sabtu, 11 April 2015

Mengusir Rasa Kantuk yang Berlebihan

Biasanya orang yang mengalami rasa kantuk berlebihan biasanya disebabkan oleh pola tidur yang tidak tepat, seperti bergadang, terlalu lelah, kebosanan atau bahkan karena bawaan.

Berikut beberapa tips untuk menghilangkan rasa kantuk yang berlebihan.

Tidur cukup

Biasakanlah untuk tidur 8 jam sehari, dan biasakan untuk tidur pada jam 9 malam, karena waktu tersebut merupakan waktu paling optimal untuk tidur. Selain berpotensi untuk menghilangkan rasa kantuk, tidur cukup menurut penelitian juga dapat menghilangkan berbagai penyakit lainnya, seperti stress, darah tinggi dan lain-lain.

Minum air putih

kebanyakan menguap menandakan bahwa  mengantuk juga menandakan bahwa kita kekurangan oksigen ke otak. Minum air putih adalah solusinya. Air putih mengandung oksigen, sehingga asupan oksigen ke dalam tubuh kita lebih banyak dan kita dapat kembali berkonsentrasi.

Melakukan olah raga ringan

Olah raga ringan bukan hanya jogging dan sebagainya. Berdiri dari tempat duduk, jalan di tempat sambil mengayunkan tangan juga merupakan olah raga ringan. Hal ini juga ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk.

Mencuci muka dengan air dingin

Mencuci muka dengan air dingin selain menyegarkan juga menghilangkan rasa kantuk.

Cobalah ganti posisi duduk Anda

Jika Anda masih mengantuk, Bisa jadi posisi duduk Anda yang kurang tepat. Karena cara duduk yang salah seperti cara duduk yang malas-malasan juga bisa jadi penyebab rasa kantuk. Anda bisa mencoba duduk dengan posisi tegak sambil menyilangkan kaki. Menegakkan punggung dapat membuat Anda lebih berkonsentrasi sehingga kita kembali fokus dan rasa kantuk itu akan hilang dengan sendirinya. Atau cobalah untuk berdiri beberapa saat kemudian duduk kembali.

Tarik nafas

Menurut penelitian, ketika Anda menguap berarti kadar oksigen dalam otak Anda sedang berkurang. Untuk mengatasinya, cobalah tarik nafas dalam-dalam tahan sekitar 5 detik kemudian embuskan selama 5 detik. Lakukan beberapa kali sampai membuat Anda merasa segar kembali.

Mengusir Rasa Kantuk yang Berlebihan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar