Kamis, 02 April 2015

Makanan Yang Menaikkan Trombosit

Apa itu trombosit?

Trombosit adalah bagian darah yang berperan dalam proses pembekuan darah, bentuk trombosit tidak beraturan, tidak berinti sel, dan berukuran kecil. Garis tengahnya hanya sekitar 2-4 cm. Jumlah trombosit dalam 1 mm3 darah sehat kira-kira ada 250.000.
Gejala ketika seseorang dikatakan terjangkit penyakit demam berdarah adalah ketika trombositnya terlalu sedikit. Maka tidak heran, ketika penyakit demam berdarah sedang musim, akan banyak pula orang yang menjual jus jambu biji merah di pinggir-pinggir jalan. Murah, sekitar dua ribu lima ratus rupiah per botol ukuran 600 ml. Tentu kita tidak tahu benar campuran air dan jambu biji merah di dalamnya. Nah, pertanyaannya, apakah ada makanan atau minuman selain jus jambu biji merah yang bisa menaikkan kadar trombosit dalam tubuh pasien demam berdarah?

Apa itu fungsi trombosit ?
Seperti di atas, fungsi trombosit yang utama adalah membekukan darah sehingga tidak banyak darah yang terbuang percuma saat terjadi pendarahan. Itu sebabnya, ketika demam berdarah sudah parah, darah bisa mengalir keluar melewati pori-pori kulit, karena trombositnya tidak cukup untuk membekukan darah.
Selain itu, sebuah penelitian di University of Munich, mengungkapkan bahwa trombosit juga berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh. Kog bisa?
Pada saat terjadi luka, trombosit akan berkumpul pada luka dan membeku sehingga luka tersebut bisa menutup. Kemudian, trombosit tersebut mengarahkan bakteri ke limpa. Selanjutnya, bakteri tersebut �dikepung� oleh sel-sel dendritik yang berfungsi sebagai sel daya tahan tubuh. Nah, dengan begitu, bakteri bisa dibunuh.
Ok, sekarang kita kembali ke topik utama posting ini. Makanan yang bisa meningkatkan trombosit darah.
Untuk menaikkan trombosit darah, kita bisa meminum jus buah bit dan jus jambu biji merah 3-4 kali sehari, ditambah dengan makan nasi 3-4 kali sehari juga, serta 
perbanyak memakan buah-buahan.

Makanan untuk menaikkan trombosit:

1. Angkak
Angkak dapat menaikkan trombosit darah secara signifikan. Hal ini terbukti dalam sebuah penelitian yang menggunakan tikus putih sebagai objeknya. Karena khasiatnya inilah, angkak dapat digunakan sebagai obat demam berdarah. Efek angkak pada penderita demam berdarah sangat cepat, tidak perlu menunggu beberapa hari untuk melihat hasilnya. Selain menaikkan trombosit, angkak juga menurunkankolesterol.

2. Jus Kurma
Jus kurma belakangan sering terdapat di samping pasien demam berdarah. Kala terserang demam berdarah biasanya trombosit dalam tubuh akan berkurang dengan drastis dan bisa jadi mengakibatkan kematian. Sari buah kurma dapat dengan cepat menaikkan kadar trombosit dalam tubuh pasien.

3. Jus jambu biji merah
Jambu biji atau jambu merah dipercaya dapat dengan cepat mendongkrak trombosit. Bahkan beberapa dokter di rumah sakit menyarankan pasiennya mengkonsumsi jus jambu biji ini secara teratur guna menaikkan trombosit.

4. Jus Kulit Manggis
Kulit manggis begitu banyak mempunyai kandungan gizi dan khasiat, antara lain untuk mempercepat pemulihan kondisi saat sakit demam berdarah karena mengandung super antioksidan dalam kulitnya.

5. Removit
 Minuman serbuk dalam sachet yang merupakan gabungan dari minuman elektrolit, angkak dan jambu merah banyak tersedia di apotik.

6. Buah Bit
Cara mengolah buah bit sangat mudah sekali dan tanpa tambahan apa apa lagi, yaitu ambilah satu buah bit segar sebesar kepalan tangan untuk dibersihkan, kemudian dikupas lalu dipotong hingga menjadi beberapa bagian lalu di blender bersama dua gelas air putih.
Setelah di blender kemudian disaring dan siap untuk diminum sebanyak satu gelas sedang sisanya boleh disimpan di kulkas untuk diminum kemudian. Bagi mereka yang sulit untuk meminumnya karena buah bit ini memiliki aroma yang khas, maka bisa hanya dipotong menjadi beberapa bagian lalu dikukus dan dimakan seperti memakan ubi rebus, namun khasiat dan efeksitasnya lebih baik yang dibuat jus daripada yang dikukus.
Rata-rata makanan untuk menaikkan trombosit itu enak, kecuali buah bit, kalau belum terbiasa akan terasa aneh.

Artikel ini masih jauh dari kesempurnaan oleh karena itu saya menerima segala kritik yang membangun. Sekian artikel dari saya semoga dapat menambah ilmu dan bermanfaat.

Makanan Yang Menaikkan Trombosit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar