Kamis, 26 Maret 2015

Persiapan Kehamilan


Tidak ada yang dapat manandingi mujizat dan keajaiban kehamilan. Kehamilan merupakan kesempatan bagi anda untuk dapat terlibat dalam proses menciptakan kehidupan. Perencanaan lebih dahulu untuk pengalaman ini dapat memperbaiki kesempatan anda untuk memepersiapkan diri dengan baik dan memiliki bayi yang sehat.
Gaya hidup dapat mempengaruhi kesehatan bayi anda. Dengan perencanaan lebih dahulu, dapat memastikan anda dan bayi anda terpapar dengan hal hal yang baik dan terhindar dari hal yang membahayakan selama masa kehamilan.
Kebanyakan wanita menyadari mereka hamil ketika mereka memasuki 1 sampai 2 bulan masa kehamilan. 12 minggu pertama kehamilan sangat penting karena saat itu janin membentuk sistem organ utamanya. Banyak hal penting yang dapat terjadi sebelum anda menyadari hamil atau tidakkah anda sebelum anda memeriksakan diri kedokter.
Kehamilan adalah suatu kondisi, bukan penyakit. Meskipun begitu anda akan mengalami perubahan besar selama masa kehamilan. Memiliki keadaan kesehatan yang baik sebelum kehamilan dapat membantu anda menghadapi tekanan fisik dan emosional dari kehamilan, sakit melahirkan, dan persalinan. Dan dapat membantu anda mempersiapkan untuk mengurus bayi yang baru lahir.

Beberapa tindakan penting untuk dilakukan sebelum anda hamil.
1.Capai berat badan ideal anda
2.Mulailah program olahraga regular jika anda belum siap
3.Jadwalkan tes kesehatan, seperti sinar X
4.Jadwalkan vaksinisasi, seperti campak, gondok, rubella
5.Pertimbangkan apakah kehamilan anda akan mempengaruhi  rencana masa depan anda        (pendidikan,karier,perjalanan)
7.Jika anda mengunakan obat obatan atau alcohol, hentikan sekarang!


Poin pertama
Pemeriksaan prakehamilan dengan dokter adalah waktu yang tepat untuk membahas riwayat kesehatan atau masalah lainnya yang mungkin anda alami dalam kehamilan sebelumnya (atau belum). Tanyakan pada dokter apa yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan atau mengurangi kemungkinan terjadinya masalah yang sama dalam kehamilan anda. Agar anda dapat terhindar dari kehamilan ektopik, keguguran, bedah cesar atau komplikasi lainnya.  Konsultasi ini juga dapat membicarakan tentang keterpaparan dan masalah dengan penyakit menular seksual atau infeksi lainnya. Jika anda pernah melakukan operasi besar atau operasi kewanitaan sebelumnya, bersegeralah dikonsultasikan pada dokter sekarang.

Poin kedua
Penting untuk terus menggunakan beberarapa bentuk kontrasepsi sampai anda siap hamil. Jika sedang menjalani suatu pengobatan untuk suatu masalah kesehatan atau sedang menjalani tes, selesaikan dulu sebelum  anda hamil. (jika tidak menggunakan kontrasepsi pada dasarnya anda berusaha untuk hamil). Setelah menghentikan kontrasepsi regular, gunakan motode KB  lainnya sampai sirklus menstruasi anda kembali normal. Anda daoat memilih kondom, spermisida, sponge atau diafragma.

Poin ketiga
Sebelum anda hamil, selidiki terlebih dahulu gaya hidup anda, diet, aktivitas fisik, dan masalah kesehatan kronik yang anda alami, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes. Anda mungkin memerlukan perawatan ekstra sebelum dan selama kehamilan. Beritahu dokter mengenai obat obatan yang sedang anda konsumsi. Diskusikan tes kesehatan yang mungkin ingin anda jalani, seperti sinar X, dan semua maslah kesehatan yang sedang anda obati.

Poin keempat
Kebanyakan orang merasa lebih baik dan bekerja lebih baik bila mereka makan makanan yang sehat. Merencanakan dan mengikuti diet yang baik sebelum kehamilan memastikan janin anda yang berkembang mendapatkan nutrisi  yang baik selama beberapa minggu atau bulan pertama  kehamilan. Biasanya seorang wanita merawat dirinya dengan baik saat dia mengetahui dirinya hamil. Dengan perencanaan lebih dulu, anda akan yakin bahwa calon bayi anda memiliki lingkungan yang sehat selama Sembilan bulan kehamilan,  tidak hanya 6 atau 7 bulan setelah anda mengetahui kalau anda benar benar hamil. Ketika anda merencanakan nutrisi, anda mempersiapkan lingkungan tempat calon bayi anda yang akan dikandung dan akan tumbuh dan berkembang.


Poin kelima
Sebelum anda mencoba hamil, perhatikan berat badan anda, tidak terlalu kurus atau tidak terlalu gemuk. Keadaan seperti itu akan mempersulit kehamilan anda. Janga berdiet selama kehamilan atau saat anda mencoba hamil!!! Jangan minum pil diet, kecuali anda menggunkan kontrasepsi yang dapat dipercaya. Konsultasi dengan dokter jika anda menginginkan diet khusus untuk menurunkan atau menaikan berat badan anda sebelum anda mencoba hamil. Diet dapat menyebabkan kekuranga asupan vitamin dan mineral sementara yang dibutuhkan tubuh dan calon bayi yang sedang berkembang dalam rahim anda.


Poin keenam
Olahraga baik bagi anda sebelum anda hamil dan selama kehamilan. Manfaatnya antaralain dapat mengendalikan berat badan, perasaan sehat dan meningkatkan stamina atau daya tahan, yang penting dikemudian hari pada kehamilan. Mulailah olahraga secara teratur sebelum anda hamil. Penyesuaian diri dalam hidup gaya anda termasuk berolahraga secara teratur akan bermanfaat bagi anda sekarang dan selama masa kehamilan. Namun, olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan masalah. Ketika anda berusaha untuk hamil, hindari olahraga yang berat. Jangan meningkatkan program olahraga anda. Bukan waktu yang baik bermain di olahraga yang kompetitif yang mendorong diri anda dalam keadaan maksimum saat masa kehamilan. Penting untuk anda menemukan olahraga yang membuat anda menikmatinya dan akan melanjutkannya secara teratur, dalam cuaca apapun. Konsenterasi pada perbaikan kekuatan dipunggung bagian bawah anda dan otot otot perut untuk membantu selama masa kehamilan. Jika anda menginginkan olahraga selama atau sebelum masa kehamilan, diskusikan hal tersebut pada dokter. Olahraga yang dapat anda lakukan dengan mudah sebelum hamil dapat menjadi sulit bagi anda selama anda hamil.


Poin ketujuh
Penggunaan obat atau alcohol selama kehamilan tidak berguna sama sekali.  Saat anda menyadari hamil, anda telah memasuki 8 atau 10 minggu, bayi anda yang sedang berkembang mengalami tahap tahapan yang paling penting dalam 13 minggu  pertama kehamilan. Anda mungkin mengunakan obat obatan dan tidak menyadari bahwa anda hamil. Beberapa wanita akan menggunkan zat zat ini jika mereka tahu bahwa mereka hamil. Hentikan penggunaan zat apapun yang tidak diperlukan minimal 3 bulan sebelum mencoba hamil!
Penelitian terus  menunjukan bahwa penggunaan obat obatan atau alcohol selama kehamilan dapat mempengaruhi IQ anak, jangkauan perhatian dan oengetahuan belajar.  Penggunaan obat obatan sebelum kehamilan merupakan masalah serius!


Artikel ini masih jauh dari kesempurnaan oleh karena itu saya menerima segala kritik yang membangun. Sekian artikel dari saya semoga dapat menambah ilmu dan bermanfaat.
pembaca yang baik akan meninggalkan kritik&saran.

Persiapan Kehamilan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar